fbpx

3 Konten Promo Akhir Tahun Jualan Online di Marketplace

Omnilinkz-Konten-Promo-Akhir-Tahun-Jualan-Online-di-Marketplace-ecommerce-shopee-tokopedia-bio-instagram

Akhir tahun menjadi momen yang dinantikan banyak orang. Tidak hanya Anda sebagai konsumen tapi juga untuk pebisnis lainnya. Karena akhir tahun identik dengan promo besar-besaran. Tiap gerai dan tenant di mall menyebutkan SALE sebesar-besarnya dengan tanda merah yang menyambut di depan pintu. Lalu apakah Anda juga melakukan hal yang sama setiap tahun?

Saat membangun brand di manapun lokasi jualannya termasuk marketplace, Anda tidak dapat melepaskan diri dari pentingnya konten. Dan konten selalu muncul di mana-mana. Seakan menghantui calon konsumen untuk segera membeli. Anda sebagai pebisnis menggunakan konten untuk menggambarkan detail produk, menceritakan kisah, berbagi sisi edukasi pada pelanggan dan terlibat dengan followers.

Konten yang baik sangat membantu mendorong pertumbuhan bisnis online. Konten yang baik pula akan mudah membuat calon konsumen Anda mengenal brand maupun produk sehingga saat akhir tahun online shop langsung memanen keuntung melalui marketing hardsell.

Lalu apa saja konten yang baik untuk bisnis online Anda menjelang akhir tahun? Activomni telah merangkum 3 konten promo akhir tahun jualan online di marketplace.

1. Perlakukan pelanggan layaknya influencer

Omnilinkz-Konten-Promo-Akhir-Tahun-Jualan-Online-di-Marketplace-ecommerce-shopee-tokopedia-bio-instagram
Photo by Flaunter.com on Unsplash

Pelanggan adalah konsumen yang mencintai produk yang Anda jual. Mereka bisa cinta karena fungsi produk, karena pelayanan admin, karena promo toko, karena malas mencari produk yang lain atau berbagai alasan lainnya. Saat online shop memiliki pelanggan, artinya tim olshop tersebut sukses membuat seorang konsumen nyaman dan mau membeli di online shop tersebut secara berkali-kali.

Sejujurnya saat ini memiliki pelanggan adalah momen langka. Sebab sekarang ini begitu banyak produk baru yang muncul dari kompetitor. Jika diimplementasikan ke marketplace, memiliki pelanggan yang order berkali-kali adalah hal langka. Lihat saja persaingan harga antara olshop 1 dengan yang lain. Belum lagi saat promo harbolnas yang gencar-gencaran dilakukan.

“Bekerjasama dengan pelanggan adalah cara yang mudah dan organik dalam mempromosikan produk Anda menjelang akhir tahun.”

Karena itu, alangkah baiknya jika Anda mulai merangkul pelanggan online shop dan menjadikan mereka teman baru. Ajak mereka berbincang dan treat mereka seakan influencer. Setiap komentar mereka bisa menjadi konten yang bisa diposting di media sosial Anda. Hal ini kini mudah sekali menarik perhatian audiens maupun followers.

2. Ubah konten yang ada jadi baru

Omnilinkz-Konten-Promo-Akhir-Tahun-Jualan-Online-di-Marketplace-ecommerce-shopee-tokopedia-bio-instagram
Photo by Kaleidico on Unsplash

Marketers biasanya memiliki kebiasaan buruk dalam memanfaatkan konten yang sudah ada sehingga kurang dimanfaatkan setelah dibuat. Hal ini terjadi berulang kali. Konten serius dikerjakan selama berminggu-minggu menggunakan riset dan kerja tim yang berat. Konten itu diposting dan kembali ke proses awal sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan. Setelah itu, konten dibiarkan saja tanpa diurus kembali.

“Tidak ada konten yang basi, yang ada konten yang tidak relevan dengan zamannya.”

Pernahkah Anda melakukan itu? Kebanyakan orang melakukannya. Semua orang ingin membuat konten sebanyak-banyaknya tanpa memahami bahwa konten bisa didaurulang. Semua konten bisa memiliki value asal terus dijaga unsur relevannya. Ini adalah tugas Anda sebagai marketers untuk mencari tahu bagaimana terus menerus memunculkan nilai yang dapat diberikan konten kepada pelanggan Anda.

Cara termudah untuk menjaga konten tetap relevan dan memiliki value adalah dengan memahami karakter konsumen dan tren belanja online. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba:

  • Ambil 30 artikel terbaik dalam sebulan. Bagikan melalui email pelanggan selama sebulan.
  • Ceritakan bagian singkat dari artikel dan buat podcast yang dapat didengar orang dalam perjalanan ke tempat kerja selama beberapa minggu.
  • Buat grafik yang berisi kutipan terbaik dari artikel untuk dibagikan kepada followers di timeline media sosial Anda.

Intinya jangan biarkan konten Anda terbuang sia-sia dan seakan tidak berguna. Buat rencana posting berkala menggunakan konten-konten yang sudah ada. Pikirkan kapan waktu dan cara agar pelanggan Anda mengonsumsi konten sepanjang hari.

3. Bikin konten ulasan produk langsung dari pelanggan

Omnilinkz-Konten-Promo-Akhir-Tahun-Jualan-Online-di-Marketplace-ecommerce-shopee-tokopedia-bio-instagram
Photo by Austin Distel on Unsplash

Kapan terakhir kali Anda membaca ulasan konsumen maupun pelanggan di bagian komentar di marketplace? Jika sudah lama, ini saat yang tepat untuk membaca dan membalas feedback mereka secara langsung. Sisihkan waktu selama sejam untuk membaca semua ulasan dan ambil emosi yang dapat Anda temukan.

Tidak mudah membuat headline maupun judul konten dan deskripsi produk yang sesuai dengan pikiran orang lain. Anda perlu platform untuk menguji berbagai feedback di baris subjek email dan iklan sosial dan di dalam halaman produk untuk mempelajari mana yang terbaik.

“Perhatikan apa yang dikatakan pelanggan Anda sebelumnya pada ulasan yang mereka tulis tentang produk Anda.”

Sesederhana itu. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi ulasan produk adalah kunci sukses menemukan pesan yang relevan dengan pelanggan di masa depan. Menggunakan ulasan langsung dari pelanggan dan mengubahnya menjadi tajuk berita utama, email, iklan, dan halaman produk, membuat pelanggan menjadi lebih dekat dengan brand Anda. Sebab mereka merasa menjadi bagian dari promosi online shop Anda.

Demikianlah 3 konten promo akhir tahun jualan online di marketplace. Sebenarnya Anda tidak membutuhkan banyak waktu maupun orang untuk mengelola konten menjadi promosi produk marketplace. Anda hanya perlu tahu cara mendapatkan lebih banyak konten dan menghubungkan ke media sosial yang sudah Anda miliki. Ingatlah untuk melihat ke pelanggan, gunakan kembali konten terbaik dan ambil pesan yang Anda tahu akan menjadi relevan dengan konsumen karena itu berasal dari ulasan pembeli online shop Anda. Selamat mencoba.

Agar cara di atas semakin maksimal, ada baiknya Anda menggunakan Omnilinkz. Tool ini menghubungkan dari 1 medsos ke medsos lainnya. Misalnya, menaruh link di bio Instagram. Cara ini terbukti ampuh membagi banyak konten dari ulasan produk di marketplace. Ini juga akan membantu followers mengakses konten dari media sosial lainnya seperti YouTube, TikTok dan lain sebagainya.

Mau tahu fitur lainnya? Klik ► https://omnilinkz.com.

Ira Kurnia

Ira has written professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

>